Cara Video Call di Aplikasi Telegram

Cara Video Call Telegram

Berbicara mengenai aplikasi berbagi pesan secara gratis, mungkin telegram termasuk salah satu diantaranya. Telegram meluncurkan fitur baru yaitu fitur panggilan video atau video call. Telegram membuat pengumuman melalui blog resmi telegram yang menyatakan bahwa fitur panggilan video versi beta sudah tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

Tentunya ini sangat menguntungkan di tengah kondisi pandemi seperti sekarang. Fitur panggilan video ini akan terus mengalami perkembangan selama beberapa bulan kedepan karena masih dalam tahap penyesuaian sesuai dengan kebutuhan pengguna aplikasi ini. Berikut cara melakukan panggilan video menggunakan aplikasi telegram. 

Cara Video Call Telegram Pada Android dan iOS

Keunggulan melakukan panggilan video melalui aplikasi Telegram dibandingkan dengan aplikasi pengirim pesan yang lain adalah keamanan yang ditawarkan oleh pihak Telegram. Video call bisa dilakukan antara pengguna satu dengan lainnya. Caranya adalah sebagai berikut

  1. Langkah pertama dengan menekan tombol “video call” yang ada pada halaman profil kontak. 
  2. Anda juga bisa menyalakan switch video saat melakukan panggilan suara. Seperti juga layanan teks dan panggilan suara, untuk panggilan video telegram juga melindungi privasi dan memberikan keamanan bagi para penggunanya dengan enkripsi end-to-end. 

Fitur panggilan video ini sudah tersedia di Telegram beta yang berjalan di perangkat iOS dengan versi 6.3. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu mengaktifkan “experimental Feature” yang berada pada bagian bawah halaman. Setelah aktif, nantinya secara otomatis akan muncul fitur panggilan video di menu profil. 

Sebelum diluncurkan fitur panggilan video ini, telegram sebenarnya juga sudah bisa digunakan untuk melakukan panggilan video menggunakan aplikasi tambahan yang bisa Anda unduh di App Store untuk iOS dan Play Store untuk Anda pengguna Android. Caranya adalah sebagai berikut

  • Unduh aplikasi vidogram melalui aplikasi App Store atau Play Store kemudian pasang aplikasi ini.
  • Kemudian buka aplikasi Vidogram yang sudah terpasang di ponsel Anda. Lalu tap start messaging atau mulai percakapan. Jika nantinya muncul pilihan bahasa yang akan digunakan oleh aplikasi ini, maka pilih bahasa Indonesia saja untuk memudahkan penggunaan aplikasi ini. 
  • Langkah selanjutnya adalah login menggunakan  nomor yang terpasang pada aplikasi Instagram Anda kemudian tap centang yang berada di sebelah kanan atas.
Cara Video Call Telegram
  • Selanjutnya Anda akan menerima kode verifikasi. Jika Anda masih memasang aplikasi Telegram di ponsel Anda, maka kode verifikasi akan masuk ke aplikasi telegram Anda. Tetapi jika Anda sudah menghapus aplikasi Telegram dan sim card yang Anda gunakan berada di ponsel lain maka tunggu selama beberapa menit untuk Telegram mengirimkan kode SMS, namun jika nomor ponsel yang Anda gunakan untuk login, sim card nya berada di ponsel Anda maka kode akan secara otomatis langsung terverifikasi. Jadi jangan bingung dan khawatir jika kode verifikasi tidak langsung masuk ke ponsel Anda. Cek kembali sim card dan aplikasi Telegram Anda apakah terpasang di ponsel yang sama.
  • Anda sudah bisa masuk ke aplikasi vidogram melalui akun Telegram Anda.
Baca juga  Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp

Langkah untuk mengaktifkan video call tersebut adalah seperti di bawah ini. 

  • Masuk ke akun Telegram Anda
  • Pada halaman utama aplikasi tersebut, tap ikon kota yang berada di pojok kanan bawah. 
Cara Video Call Telegram
  • Selanjutnya pilih salah satu chat atau kontak yang ingin Anda ajak untuk melakukan panggilan video.
Cara Video Call Telegram
  • Pada halaman chat, tap ikon video yang berada di pojok kanan atas.
  • Kemudian tap ikon video untuk mengaktifkan kamera depan. 
  • Selesai. Anda sekarang bisa menikmati panggilan video melalui aplikasi Telegram.

Beberapa ikon atau tool yang ada pada fitur video call. Berikut penjelasannya. 

  • Ikon video, seperti yang sudah dijelaskan diatas ikon video berfungsi untuk mengaktifkan untuk kamera depan. Jika sudah tersambung dengan lawan bicara Anda, lawan bicara Anda juga harus melakukan hal yang sama. Jika tidak Anda tidak akan bisa melihat wajah lawan bicara Anda. Anda hanya bisa mendengar suaranya saja.
  • Ikon yang bentuknya seperti cermin yang berfungsi untuk mengaktifkan kamera belakang Anda.
  • Ikon yang berbentuk seperti speaker yang berfungsi untuk mengaktifkan loudspeaker
  • Ikon yang berbentuk seperti mic, untuk mengaktifkan mode senyap atau hening
  • Ikon yang berbentuk chat, ini berfungsi untuk membuka halaman chat namun Anda lakukan sambil melakukan panggilan video.
  • Tertulis Network Quality itu berarti kualitas jaringan yang sedang digunakan. Jaringan yang Anda gunakan dapat berupa excellent, good atau poor. 

Untuk panggilan video melalui PC mungkin masih terus dikembangkan oleh pihak telegram. Sehingga untuk menikmati fitur panggilan video yang baru saja diluncurkan oleh pihak Telegram Anda harus menggunakan versi terbaru dari aplikasi Telegram  atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan.

Pihak Telegram juga berjanji untuk terus berinovasi, pada akhir tahun ini, Anda tidak hanya bisa melakukan  panggilan video one-to-one namun juga akan hadir fitur panggilan panggilan video grup yang diklaim mampu memberikan keamanan serta berbagai kegunaan. Untuk saat ini Anda bisa menikmati fitur terbaru panggilan video berdua dengan orang terdekat saja.

Baca juga  Cara Membuat Tulisan Miring di WhatsApp

Tambahan Emoji

Untuk memeriahkan pencapaian Telegram terhadap peluncuran fitur terbaru, Telegram juga menambahkan beberapa emoji animasi. Emoji baru yang ditawarkan oleh aplikasi Telegram ada 4 yaitu emoji persik, terong, Kue tanduk setan dan beberapa wajah kucing.

Untuk mendapatkan salah satu emoji ini Anda bisa mengirim salah satu emoji ke dalam percakapan Anda dengan lawan bicara. Pengguna Telegram kini juga bisa menikmati fitur panggilan video dengan menambahkan beberapa cuplikan edukasi melalui kuis yang dibuat oleh layanan. 

Seperti itulah melakukan panggilan video menggunakan aplikasi vidogram. Namun bisa mewakili keinginan Anda untuk video call melalui aplikasi Telegram. Jika Anda mendownload aplikasi Vidogram ii tidak mengharuskan Anda untuk mendownload aplikasi Telegram juga.

Anda tetap isa melakukan panggilan video asalkan nomor ponsel Anda sudah terdaftar seelumnya di aplikasi Telegram. Jika Anda tertarik untuk mencoba silahkan langsung install aplikasi ini di ponsel Anda. Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*