Ini 12 Teknik Memotret Foto Dengan Kamera Digital Hasilnya Keren Habiss

Ini 12 Teknik Memotret Foto Dengan Kamera Digital Hasil Keren Habiss
Ini 12 Teknik Memotret Foto Dengan Kamera Digital Hasil Keren Habiss

Dengan kamera digital ini kita bisa memotret apapun yang kita mau, kemajuan teknologi sekarang telah membawa kamera digital terus mengalami perkembangan resolusi, kamera digital yang beredar dipasaran berkisar 4 hingga 6 Megapixel bahkan lebih. Sayangnya masih banyak yang belum mengerti mengenai teknik memotret foto dengan benar.

Dengan 6 megapixel gambar yang akan kita potret akan semakin bagus. Tetapi biarpun kita memiliki kamera 6 megapixel ataupun diatas 6 megapixel tetapi bila tidak tidak tau cara memotret dengan benar sama saja. Untuk itu berikut ini saya akan memberikan tips-tips dasar Teknik Memotret Foto sehingga kamera kamu dapat bekerja secara maksimal.

  1. Flash Otomatis
Flash Kamera
Menggunakan Flash Kamera

Flash Otomatis ialah lampu flash kamera, dimana lampu flash kamera dirancang untuk pemotretan diruang yang kurang cahaya,sehingga dengan flash kualitas gambar akan menjadi maksimal.

Tetapi sebaiknya hindarinya penggunaan lampu flash karena membuat pencahayaan gambar menjadi kurang natural, sehingga gambarnya tidak seindah dengan aslinya, jadi lampu flash kamera kamu diset otomatis saja,sehingga hanya menyala pada saat cahaya kurang.

  1. Efek “mata merah”
Efek Mata Merah Kamera Digital
Efek Mata Merah Kamera Digital

Mata merah disini bukan gambar yang didalam foto kita kurang tidur tetapi karena sambaran lampu kilat yang sejajar dengan arah lensa. Berbagai macam kamera dilengkapi flash dengan berbagai macam fasilitas anti red eye, sebelum flash menyala penuh, kamera menyalakan flash pembuka yang bertujuan untuk iris mata simodel tertutup.

Tetapi tidak usah khawatir kamu tidak usa buru-buru mengganti kamera, karena sekarang sudah banyak aplikasi kamera digital yang dapat menghilangkan efek mata merah, contohnya saja software acdsee, atau bila kamu mau yang freeware silakan kamu kunjungin web ini www.10soft.com nama softwarenya ialah S10Redeyes 2.0.

  1. Area Putih

Kamera mengubah terang warna salju atau benda putih lainnya menjadi kelabu, kita dapat mengatasinya dengan cara mengatur kembali kompensasi EV [kompensasi pencahayaan].

Baca juga  4 Cara Mengetahui Password WiFi yang Terlupa

Bila kamera kamu memiliki fasilitas ini naikkan kompensasi EV antara 0.7-1 EV.Sehingga kamera akan menangkap gambar menjadi terang dan akan membuat seragam berwarna putih menjadi sangat terang.

  1. Foto Ukuran Kecil

Ada dua cara untuk membuat file menjadi kecil. Jangan kurangi dimensi (panjag&lebar) gambar karena akan menurunkan jumlah pixel. Dimensi gambar yang kecil juga kurang baik untuk dicetak dalam ukuran besar, jadi gunakan ukuran foto maksimal.

Kamu bisa kurangin saja kualitas gambarnya. Penurunan mutu ini hanya menyusutkan kekayaan warna gambar, tetapi foto masih kelihatan lebih bagus.

  1. Reaksi Lambat

Binatang, Anak kecil, olahraga ( sesuatu yang bergerak )merupakan objek foto yang agak susah untuk diabadikan. Kamu mesti mengimbangin kecepatan gerak mereka, salah-salah bila tidak pas maka objek foto tidak sesuai dengan komposisi.
Hal ini terjadinya sebab adanya shutter log (jeda antara penekanan tombol dan perekaman gambar).

Untuk itu tempatkan diri kamu pada posisi yang tepat kemudian bidik sasaran, lantas tekan setengah tombol untuk mengunci fokus, sekarang tunggu momen yang tepat dan tekan penuh tombol seraya mengikuti perkembangan objek.

  1. Latar Belakang

Ketika memotret wajah perhatikan latar belakangnya,hindari latar belakang yang berwarna-warni atau gambar yang semerawut, yang menyebabkan foto wajah kurang menonjol, bisa jadi justru latar belakang yang menjadi menonjol, jadi berusahalah untuk menghindarinya.

  1. Foto Berdimensi

Apabila Potret diri(portrait) yang difoto dengan cara biasa, umumnya kurang menampakan dimensi yang kuat dan terasa datar-datar saja, ketika kamu mendekati hidung sang model, gambar hidung malah menjadi besar dari proporsi wajah yang seharusnya. Tekniknya yaitu salah satunya dengan mundur dan aktifkan zoom dan bidiklah wajah hingga memenuhi frame.

  1. Jari di Lensa

Jangan lupa sebelum memotret dibuka dulu tu penutup lensa,bila tidak jangan harap bisa memotret, tetapi walaupun jari kamu tertutup lensa,tapi masih bisa memotret.

Baca juga  5 Cara Mengetahui Password WiFi Melalui Android

Hal ini terjadi pada kamera saku yang berukuran kecil , kamu bertangan besar bakal susah memegangnya, peganglah kamera dengan dua tangan tangan kiri mencengkram tustel dari atas dan bawah, bukan depan dan belakang.

  1. Ekspresi Wajah

Supaya foto pada wajah pada waktu siang hari tak ada unsur bayangan gelap, hadapkan muka model kearah datangnya cahaya, masalahnya sinar matahari cenderung membuat silau model, bisa jadi mata model menjadi menyempit solusinya pergilah ketempat yang agak teduh dan arahkan pandangan model ketempat itu, warna foto bakal lebih bagus ketimbang sebelumnya.

  1. Jarak Terlalu Jauh

Hal Inilah yang sering dialami oleh seorang fotografer amatir; objek terlalu kecil kamera dibidik terlalu jauh, padahal mata manusia pilih kasih.

Objek mata kurang menonjol akan tampak biasa saja, karenanya pakailah perbesaran optikal pada lensa dengan cara membidik hanya pada objek yang paling menarik. Latihlah diri kamu dengan mengamati semua bagian dalam bingkai bidikan kamu secara cermat, jangan hanya melihat objek utama saja.

  1. Warna Kalem

Potret wajah diruang terbuka kerap menghasilkan warna foto memucat.Apalagi bila kamu memotret dari bawah pohon yang berlimpah cahaya. Konfigurasi White Balance menormalkan warna itu,sayangnya kemampuan white balance terbatas.

Kmau bisa ganti setelan white balance menjadi Cloudy supaya gambar tampak menjadi lebih indah. Pada saat memotret diarea bayangan, menyetel white balance menjadi shade membuat langit menjadi biru.

  1. Sensor Kotor

Hal ini merupakan masalah klasik yang sering ditemukan pada kamera DSLR sehingga muncul titik-titik kecil berwarna hitam akibat debu yang menempel pada sensor kamera. Kamera saku tak mengalami ini karena lensa dan sensornya dirakit rekat dan tertutup oleh casing yang rapat.

Baca juga  7 Paket Wifi Rumah Unlimited dibawah 300 ribu

Nah, sekian artikel yang dpat dibahas mengenai ini 12 teknik memotret foto dengan kamera digital dengan hasil bagus yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu. Terima kasih telah berkunjung dan membacanya, semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*