Cara Tutup Akun Instagram Permanen dan Sementara

Cara Tutup Akun Instagram

Setelah sekian lama, beberapa pengguna Instagram memutuskan untuk menutup akun mereka karena berbagai alasan. Ada yang merasa jenuh atau ingin fokus pada hal lain. Akun Instagram dapat dihapus sementara waktu saja atau selamanya. Berikut adalah cara tutup akun instagram. 

Cara Tutup Akun Instagram Permanen 

Tidak jarang beberapa pengguna Instagram berniat menghapus akun miliknya untuk selamanya karena alasan tertentu. Cara menutup akun IG permanen tidak sulit. Hanya dibutuhkan pengaturan sederhana baik melalui website maupun smartphone. 

Cara menutup akun IG permanen dari website 

Salah satu cara menghapus akun IG selamanya adalah menggunakan website resmi instagram yaitu help.instagram.com. Situs ini merupakan pusat bantuan yang ditujukan untuk pengguna Instagram. 

Situs ini dapat diakses baik melalui ponsel atau PC. Situs ini dapat dibuka dengan browser apapun. Tetapi lebih baik jika Anda menggunakan browser versi terupdated agar lebih lancar dan cepat saat mengakses website tersebut. 

Langkah-langkah menghapus akun IG melalui help.instagram.com cukup mudah. Langkahnya tidak panjang dan terdapat instruksi jelas.

  • Setelah sukses masuk ke website, lihat menu dashboard di bagian kanan. Ada beberapa menu di sana. Pilih menu “Mengelola Akun Anda” kemudian klik “Hapus Akun Anda”. 
  • Anda akan diminta untuk login terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa penghapusan akun dari dalam aplikasi IG tidak bisa dilakukan. Kemudian pilih menu “Mengapa Anda menghapus akun Anda?”.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan kembali password akun IG Anda. 
Cara Tutup Akun Instagram
  • Pilih salah satu alasan menghapus akun. Setelahnya, klik “Hapus akun saya secara permanen”. Akun milik Anda pun akan terhapus. Jika Anda memiliki lebih dari satu akun IG dan ingin menutup atau menghapus akun yang lainnya, Anda harus logout terlebih dahulu dan login ke akun yang ingin dihapus. 
Baca juga  7 Paket WiFi Rumah Murah dengan Kecepatan diatas 10 Mbps

Penghapusan semua informasi memakan waktu hingga 30 hari. Setelahnya, akun dan semua informasi yang sudah dihapus tidak dapat dikembalikan lagi. Pada beberapa kasus, penghapusan postingan mungkin memerlukan waktu hingga 90 hari. Namun jangan khawatir karena pada kurun waktu penghapusan tersebut, akun Anda tidak dapat diakses oleh orang lain. 

Sebelum memutuskan menutup akun secara permanen, pikirkan dahulu baik-baik karena akun tersebut termasuk semua postingan di dalamnya (foto, video, dan sebagainya) tidak akan kembali. Apabila anda informasi atau postingan penting di dalamnya, harap disimpan terlebih dahulu. 

Sebenarnya pihak Instagram tetap menyimpan salinan informasi pengguna dari akun yang telah dihapus. Namun salinan tersebut hanya akan digunakan pihak Instagram untuk keperluan masalah hukum, atau pencegahan bahaya. Pengguna yang sudah menghapus akunnya dianggap tidak mempunyai hak lagi untuk mengaksesnya kembali di kemudian hari.

Cara menutup akun IG permanen melalui aplikasi Instagram 

Cara kedua untuk menonaktifkan akun IG permanen adalah dengan langsung menggunakan aplikasi Instagram. Sebetulnya langkah-langkahnya hampir mirip dengan menggunakan website. Bahkan menghapus IG langsung dari aplikasi IG lebih praktis dan mudah. 

  • Pertama-tama buka aplikasi Instagram di smartphone seperti biasa. Jika tidak otomatis login, Anda harus login dulu menggunakan username dan password. Kemudian, masuk ke profil.
  • Di bagian pojok kanan atas ada ikon garis tiga. Klik tanda tersebut dan pilih menu Settings.
  • Ada beberapa pilihan seperti Archieve, QR Code, Saved, dan sebagainya. Opsi Settings letaknya ada di bagian paling bawah.
  • Klik menu Settings. Akan muncul beberapa pilihan seperti Notification, Security, Ads, dan sebagainya.
  • Pilih opsi Help yang berlogo tanda tanya di dalam lingkaran.
  • Kemudian pilih Help Center. Secara otomatis, Anda akan dibawa menuju situs pusat bantuan Instagram yaitu help.instagram.com. 
  • Pada akhirnya, cara ini sebenarnya mirip dengan cara nomor 1. Bedanya adalah Anda memulai langkah pertama dengan login melalui aplikasi IG dan baru secara otomatis dibawa menuju website pusat bantuan IG.
  • Setelah berada di situs help.instagram.com, lakukan langkah seperti pada cara nomor 1. Akun milik Anda pun akan segera terhapus untuk selamanya. 
Baca juga  5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android dengan Aplikasi

Jika dilihat, kedua cara tersebut hampir sama. Intinya, Anda dapat membuka website help.instagram.com terlebih dahulu baru login ke akun IG atau sebaliknya. Keduanya sama saja. 

Cara Tutup Akun IG Sementara Waktu

Banyak orang lebih memilih menonaktifkan akun IG mereka sementara agar nantinya bisa diaktifkan kembali ketika membutuhkannya. Selain bisa dihapus permanen, akun IG dapat ditutup untuk sementara waktu saja. Berikut adalah caranya. 

Seperti ketika hendak menghapus akun selamanya, menonaktifkan akun IG sementara waktu juga hanya dapat dilakukan melalui website Instagram. Penghapusan akun harus dilakukan melakukan website. Anda tidak bisa menghapus akun dari dalam aplikasi Instagram. 

  • Untuk login di website, Anda harus memasukkan nama pengguna dan sandi. Karena inilah, sangat penting untuk selalu mengingat username dan password akun Anda. Setelah berhasil login ke akun Instagram melalui website, Anda akan berada di halaman profil.
  • Klik menu “Edit Profile” yang tepat berada di samping kanan nama Anda. Akan muncul beberapa pilihan seperti ubah nama profil, konfirmasikan email dan sebagainya.
  • Terus lanjut scroll down. Di bagian paling bawah sebelah akan, klik “Nonaktifkan sementara akun saya”. 
Cara Tutup Akun Instagram
  • Anda akan menuju ke halaman di mana terdapat pesan dari Instagram. Dalam pesan tersebut diinformasikan bahwa akun hanya dinonaktifkan sementara waktu, bukan dihapus. Dengan kata lain, akun hanya akan disembunyikan (tidak dapat diakses) namun dapat diaktifkan kembali kapanpun Anda mau. 
  • Untuk dapat menonaktifkan akun, Anda harus mengisi kolom “Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda”. Cukup pilih salah satu dari beberapa jawaban yang disediakan. Untuk melanjutkan, ketik sandi Instagram Anda pada kotak yang disediakan. Apabila lupa kata password, klik “Lupa kata sandi?” dan ikuti langkah-langkah pemulihan sandi. 
Cara Tutup Akun Instagram
  • Langkah terakhir adalah klik “Akun dinonaktifkan sementara” di bagian paling bawah. Hasilnya, akun Anda akan dinonaktifkan sementara. Perlu diketahui bahwa Anda hanya bisa menonaktifkan IG paling sering satu kali seminggu. Lalu bagaimana cara mengaktifkan akun Instagram yang sudah ditutup sementara waktu? 
Baca juga  Cara Siaran Langsung di Facebook via Hp dan Laptop

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram

Cara mengaktifkan akun IG yang ditutup sementara ternyata sangat mudah. Anda cukup melakukan login seperti biasa. Login dapat dilakukan via website Instagram atau langsung dari aplikasi Instagram yang terinstal di smartphone Anda. 

  • Buka Instagram. Kemudian masukkan username dan password lama Anda. Walaupun Anda sudah menghapus akun untuk sementara, username dan password harus selalu diingat.
  • Setelah berhasil login dengan username dan password, berarti akun Instagram sudah aktif kembali. Anda pun dapat menggunakannya seperti sedia kali. Semua informasi dan postingan masih ada seperti  terakhir kali Anda melihatnya. 

Demikianlah cara tutup akun Instagram baik untuk sementara waktu saja atau permanen. Caranya cukup mudah dan cepat. Jika hanya ingin beristirahat atau tidak ingin terganggu sementara waktu, sebaiknya tutup akun sementara saja.

Tetapi jika ingin menghapus selamanya, pilih opsi tutup permanen dengan konsekuensi Anda harus membuat akun baru apabila ingin menggunakan Instagram lagi. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*