Cara Menghapus Akun Instagram Paling Mudah

Cara Menghapus Akun Instagram

Jika Anda pernah mengalami Cyberbullying, atau perlu beristirahat dari sosial media atau khawatir tentang privasi Anda, maka Anda berada di tempat yang tepat karena sepertinya Anda sedang menemukan cara menghapus Akun Instagram Anda. Alasan untuk melakukan hal ini bisa apa saja, dan karenanya artikel ini akan membantu Anda untuk menonaktifkan dan menghapus akun Instagram Anda.

Tetapi ada beberapa poin yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda melanjutkan untuk menghapus atau menonaktifkan akun Instagram Anda. Jika Anda telah memutuskan untuk mengambil tindakan ini dalam ranah sementara seperti menonaktifkan akun Instagram Anda untuk sementara maka profil foto, komentar, dan like Anda akan disembunyikan seluruhnya tetapi ketika Anda login kembali, semua aktivitas ini akan dipulihkan dengan sendirinya.

Akan tetapi jika Anda telah memutuskan untuk mengambil tindakan dalam bentuk permanen (untuk menghapus akun Anda selamanya), profil foto, komentar, dan like akan lenyap dan hilang semuanya. Ingatlah juga bahwa Anda tidak akan lagi dapat memulihkan akun Instagram Anda jika Anda memilih untuk menghapus akun Instagram Anda secara permanen.

Yang terpenting adalah jika Anda memutuskan untuk mendaftarkan ulang akun Anda lagi, nama pengguna Anda yang lama akan hilang dan kemungkinan besar telah digunakan oleh orang lain. Selain itu, Instagram tidak lagi dapat mengaktifkan kembali akun yang dihapus jadi pikirkan kembali matang-matang sebelum mengikuti cara menghapus akun instagram selamanya.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram untuk Sementara

Anda mungkin tidak ingin menghapus akun Instagram Anda secara permanen untuk saat ini. Jika demikian, Anda dapat menghapus akun Instagram Anda untuk sementara dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke akun Instagram Anda dari situs webnya melalui browser karena akun Anda tidak dapat dinonaktifkan melalui aplikasi.
  • Selanjutnya, klik “Edit Profil”.
  • Klik “Nonaktifkan Sementara Akun Saya” di bagian bawah.
  • Pilih alasan untuk menonaktifkan akun Anda dari menu drop-down di samping “Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda”.
  • Masukkan kembali kata sandi Anda untuk mengonfirmasi dan lanjutkan untuk menonaktifkan akun Anda.
  • Klik “Nonaktifkan Sementara Akun”
Baca juga  Cara Ubah PDF ke Word Lewat Hp dan PC, Ga Ribet

Catatan: Semua data dan follower Anda yang ada di profil Anda tetap tersembunyi sampai Anda mengaktifkannya kembali dengan login kembali ke akun ini.

Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen

  • Masuk ke akun Anda di instagram.com dari komputer atau dari browser ponsel pintar Anda. Perlu dicatat bahwa Anda tidak dapat menghapus akun Anda dari aplikasi Instagram.
  • Selanjutnya, Buka halaman Hapus Akun Anda (https://instagram.com/accounts/remove/request/permanent/).
  • Setelah berada di halaman ini, pilih jawaban dari menu drop-down di samping “Mengapa Anda menghapus akun Anda?”
  • Kemudian, masukkan kembali kata sandi Anda.
Cara Tutup Akun Instagram
  • Terakhir, klik “Hapus akun saya secara permanen”.

Tidak ada salahnya juga untuk mencadangkan seluruh data yang pernah Anda diunggah di Instagram sebelum mengucapkan selamat tinggal selamanya pada akun media sosial yang sangat terkenal ini. Untuk melakukan proses backup data, Anda bisa mengunduh seluruh aktivitas Instagram dengan mengikuti tautannya. Berikut cara backup semua data yang pernah Anda diunggah di akun Instagram Anda:

  • Masuk ke Akun Instagram Anda dan buka profil Anda.
  • Klik pada ikon hamburger dan arahkan ke pengaturan.
  • Klik “Download Data” akan membuka tab alamat email dan kata sandi Anda. Anda juga dapat mengklik di sini untuk melihat halaman download data.
  • Setelah selesai, data Anda akan dikirim ke alamat email Anda dalam waktu 24 jam.

Mengapa Anda Perlu Mengetahui Cara Menghapus Akun Instagram?

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna bulanan, Instagram telah menjadi platform untuk semua jenis orang. Dari blogger makanan hingga influencer traveling, Instagram menampung individu dan grup dari seluruh penjuru dunia. Platform ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi aktifitas sehari-hari bersama dengan tagar untuk menciptakan tren dan mendapatkan popularitas dengan cepat.

Baca juga  Cara Membuat Filter di Instagram

Platform sebesar yang menampung ratusan juta pengguna aktif harian tidak hanya menarik pengguna internet rata-rata yang ingin berbagi aktivitas harian mereka, tetapi juga individu dengan niatan busuk. Penjahat di dunia maya selalu mencari zona panas seperti Instagram yang menarik banyak orang untuk menargetkan audiens yang besar dengan mudah. 

Aplikasi seperti Instagram menarik penjahat dunia maya yang mencari cara untuk menargetkan individu. Mereka bisa saja melakukan cyberstalking, cyberbullying, atau hacking ke akun pengguna. Apa pun alasannya, tindakan semacam ini dapat menyebabkan kerugian moneter dan tentunya emosional bagi pengguna.

Banyak orang yang sekarang akhirnya memilih cara menghapus akun Instagram karena telah muak dengan konsep pengambilan gambar yang menarik yang kemudian butuh waktu lama untuk mengeditnya. Belum lagi proses memikirkan caption yang bagus, dan akhirnya mempostingnya setelah merenung berjam-jam hanya untuk mendapatkan like.

Di sisi lain banyak orang yang juga telah bosan melihat kesempurnaan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu di aplikasi ini sementara kenyataan di lapangan sangat berbeda. Saat Anda melihat kesempurnaan di layar digital dan membandingkannya dengan kehidupan sehari-hari, keadaan ini hanya akan membuat Anda sakit karena kehidupan sehari-hari yang normal tidaklah seindah postingan Instagram influencer. Ketika kebanyakan orang memposting momen terbaik dan momen puncak mereka, banyak yang akhirnya melihat ini sebagai momen yang tidak nyata dan mungkin palsu.

Ada juga orang yang menghapus aplikasi karena mereka mulai menyesuaikan diri dengan cara melakukan apa yang dilakukan orang lain dan bertindak seperti yang diharapkan dari Anda. Sangat mudah untuk memahami sejauh mana aplikasi media sosial dan pemahamannya berdampak terhadap kita. Anda akan melihat orang-orang bermain di ponsel mereka seharian dan memilih untuk melewatkan momen dan pengalaman yang luar biasa di real life mereka.

Baca juga  3 Cara Mengetahui Password WiFi di iPhone dengan Mudah

Anda juga tidak perlu jauh-jauh untuk melihat ketergantungan besar yang telah diciptakan orang-orang di aplikasi media sosial. Bagi sebagian orang, memposting foto makan siang mereka sebelum mulai untuk makan sudah menjadi hal yang biasa. Bagi yang lain, membagikan wajah “natural” mereka setiap hari dan meng-update follower tentang keberadaan mereka adalah hal yang biasa.

Tanpa menyadari betapa besarnya dampak berbagi informasi ini dapat merusak moral secara psikologis, pengguna Instagram secara berlebihan berbagi tentang kejadian sehari-hari mereka, namun mengeluh tentang merasa sendirian dan tidak bahagia. Studi membuktikan bahwa remaja adalah yang paling terpengaruh oleh meningkatnya keterlibatan aplikasi media sosial dalam hidup mereka.

Pada saat yang sama, ketika serangan di dunia maya meningkat setiap bulannya dengan lebih banyak korban setiap kalinya, akan masuk akal jika Anda ingin melepaskan diri dari aplikasi yang dapat menyebabkan begitu banyak kerugian bagi Anda.

Meski tidak selalu negatif, media sosial telah mengubah banyak catatan kenormalan dalam hidup. Dan belajar cara menghapus akun Instagram atau setidaknya menonaktifkannya secara sementara  akan jadi bekal informasi yang berguna.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*