Cara Praktis Mengembalikan Foto yang Terhapus di Hp dan PC

cara mengembalikan foto yang terhapus
cara mengembalikan foto yang terhapus

Apa jadinya kalau foto yang penuh kenangan terhapus begitu saja? Memang itu tidak menyenangkan, tapi jangan panik. Masih ada cara mengembalikan foto yang terhapus.

Bagaimana caranya? Padahal beberapa jenis ponsel tidak dilengkapi aplikasi yang membantu penggunanya untuk mengembalikan foto yang telah dihapus. Kabar baiknya, ada cara praktis yang bisa Anda terapkan di ponsel atau komputer Anda.

Aplikasi untuk Mengembalikan Foto yang Terhapus di Ponsel Anda

DigDeep Image Recovery

Langsung kita coba aplikasi pertama yang bernama DigDeep Image Recovery.

  • Pertama-tama, download dulu aplikasi ini di Google Play Store, setelah diinstall, buka aplikasinya dan jalankan.
  • Waktu pertama kali dijalankan, aplikasi ini butuh waktu agak lama (mungkin juga tergantung dari kapasitas memory HP yang dipakai) untuk scanning.
  • Setelah proses scanning selesai, aplikasi ini akan menampilkan deretan folder. Tinggal Anda cari dan temukan letak foto yang pernah terhapus, lalu bukalah.
cara mengembalikan foto yang terhapus
  • Kalau sudah ketemu, beri tandai pada foto yang akan dikembalikan ke memori itu lalu klik ‘Restore’.
  • Begitu sudah selesai, maka aplikasi pun akan menampilkan pop up. Anda bisa pilih ‘Check’ untuk melihat seperti apa hasil ‘restore’ tadi.
cara mengembalikan foto yang terhapus
  • Untuk memastikan, coba Anda buka Gallery dan cek di folder Restored Pictures untuk menemukan foto yang telah dikembalikan itu.
cara mengembalikan foto yang terhapus
  • Aplikasi ini juga meminta sebuah testimoni Anda, tapi ini optional. Pilih Yes jika Anda ingin memberi testimoni di Google Play Store, atau pilih No kalau Anda tidak ingin.

DiskDigger

cara mengembalikan foto yang terhapus

DiskDigger merupakan aplikasi yang dapat diandalkan untuk memulihkan foto Anda karena dapat diunduh gratis di Play Store dan tidak banyak iklan.

  • Pertama-tama Anda unduh dan install aplikasi DiskDigger dari Google Play Store. Setelah itu aplikasi terbuka, kemudian klik opsi ‘izinkan’ ketika aplikasi minta akses ke media, foto, dan file di galeri.
  • Aplikasi akan memberi 2 opsi: ‘Basic Scan’ atau ‘Full Scan’.  Dengan catatan bahwa ‘Full Scan’ tersedia hanya pada perangkat yang sudah di-root. Root sendiri merupakan sebuah proses membuka akses pada sistem Android agar pengguna bisa mengelola perangkat secara menyeluruh.
  • Untuk memulainya, klik ‘start basic photo scan’, lanjutkan ke ‘Scanning for files’ Maka Anda bisa melihat lagi deretan foto yang sudah terhapus. Pilih foto Anda, klik bagian kotak di pojok kiri atas, lalu klik bagian ‘recovery button’ di sebelah atas layar Anda.
  • Pilih jenis file yang mau Anda recovery. Setelah memilih file, Anda bisa filter file yang bisa dipulihkan menurut ukuran dan jenis file.
  • Selanjutnya simpan file Anda. DiskDigger memberi 3 opsi berbeda untuk Anda dalam menyimpan file yang dapat dipulihkan: ‘Save to an app’, ‘Save to device’, atau ‘FTP upload’. Pilih yang sesuai kebutuhan Anda.
Baca juga  Cara Convert PDF ke Excel dengan dan Tanpa Aplikasi

Dumpster

Dumpster merupakan sebuah aplikasi untuk mengembalikan foto yang terhapus pada ponsel Anda. Dumpster juga bisa dibilang recycle bin yang dapat memulihkan kembali berbagai file yang sebelumnya terhapus.

  • Sebelumnya, Anda harus sudah install aplikasi Dumpster di PlayStore.
  • Setelah diinstall, Anda langsung bisa menggunakan dengan cara pilih ikon 3 garis yang di sebelah pojok kiri atas, lalu pilih ‘deep scan recovery’.
cara mengembalikan foto yang terhapus
  • Selanjutnya, aplikasi menampilkan berbagai file yang masih tersimpan dan juga yang sudah terhapus. Di sini Anda bisa pilih file mana saja yang akan dikembalikan. Tidak hanya foto, Dumpster juga berfungsi untuk mengembalikan video atau dokumen lain yang terhapus dari ponsel.
  • Kalau file sudah Anda pilih, selanjutnya ‘Restore to Gallery’, sehingga foto Anda otomatis kembali ke galeri.

Aplikasi Google Photos

Kenyataannya tidak semua foto Anda yang sudah dihapus itu bisa dikembalikan. Jadi adakah cara mengantisipasi? Tenang saja, karena ada caranya. Salah satu caranya adalah dengan aplikasi Google Photos untuk mem-back up foto Anda.

  • Aplikasi milik Google ini punya fitur untuk sinkronisasi yang dapat mencadangkan setiap foto Anda. Pastikan kalau Anda sudah download aplikasi tersebut dari Google Play Store atau App Store.
  • Setelah itu bukalah aplikasi Google Photos di ponsel Anda. Pada menu utama, pilihlah Settings dan pilih ‘Backup & Sync’. Di sini, Anda dapat mengaktifkan fitur ‘auto backup’
  • Anda bisa pilih mengunggah konten foto yang akan di-back up melalui paket data atau bisa juga melalui Wi-Fi. Untuk lebih hemat kuota, disarankan untuk non aktifkan pengaturan seluler.

Mengembalikan Foto yang Terhapus di Komputer Anda

Cek Recycle Bin

Pada dasarnya ada 2 cara untuk menghapus sebuah file, yakni menghapusnya secara permanen dan menghapus untuk sementara ke ‘tempat sampah’ file.

Baca juga  Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Hilang

Bahkan kalau Anda secara tidak sengaja menghapus foto penting, jangan panik dulu. Hal pertama yang mesti dilakukan adalah cek recycle bin. Bisa jadi foto Anda belum benar-benar terhapus permanen, tapi masih ada di recycle bin. Jadi masih dapat dikembalikan lagi di folder tempatnya disimpan.

Begitu Anda menemukan file yang Anda cari, Anda langsung klik kanan pada file tersebut dan pilih ‘restore’.

Buka Folder dan ‘Restore Previous Versions’

Kalau misalnya langkah yang sebelumnya itu tidak berhasil, Anda bisa buka folder tempat di mana foto Anda awalnya disimpan. Setelah itu klik kanan di folder itu, dan pilihlah opsi ‘Restore previous versions’. Dengan demikian, Anda bisa memulihkan kembali file di dalam folder tersebut.  

Memakai Software EaseUS Data Recovery Wizard

Bagaimana dengan foto yang sudah terhapus permanen atau sudah terhapus sejak lama? Software EaseUS Data Recovery Wizard bisa diandalkan untuk dapat mengembalikan file foto yang terhapus pada komputer Anda.

  • Pastikan Anda sudah men-download program ini dan menginstal di komputer Anda. Dengan catatan: Jangan menginstal pada disk dimana Anda kehilangan data di sana.
  • Berikutnya, pilihlah lokasi untuk pencarian file, misalnya pada windows libraries, desktop, atau hard disk drives.
  • Kalau sudah berhasil diinstal, Anda buka software-nya, dan pilihlah drive tempat di mana foto-foto Anda hilang, setelah itu klik Scan. Tunggulah sampai proses scanning selesai.
  • Setelah itu, akan Anda temukan 2 hasil scan yaitu ‘Quick Scan Result’ dan ‘Deep Scan Result’.
  • Apabila foto-foto yang Anda cari tersebut ada pada ‘Quick Scan Result’, Anda centang pada file tersebut dan klik ‘Recover’ untuk memulihkannya.
  • Tapi misalnya file foto yang Anda cari tidak terdapat di ‘Quick Scan Result’, bisa Anda cari dengan ‘Deep Scan’. Memang cara ini butuh waktu agak lama, tapi Anda bisa mengembalikan lagi file yang sudah terhapus sejak lama.
  • Setelah file foto Anda ditemukan, maka Anda dapat mengembalikan dengan memberi centang file tersebut dan klik ‘Recover’.
Baca juga  Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Hp dan Laptop

Sekarang, foto Anda sudah kembali. Simpan di lokasi yang berbeda dari sebelumnya. Selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*