10 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Tanpa Aplikasi

Ratutekno – Sinyal WiFi yang lemah, pastinya akan membuat berbagai aktivitas menjadi terbengkalai. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat ini agar sinyal WiFi menjadi kuat kembali diantaranya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi penguat sinyal seperti yang telah kami bahas di postingan sebelumnya yakni Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android dengan Aplikasi.

Selain menggunakan bantuan aplikasi penguat sinyal, sebenarnya kamu tetap bisa menjadi sinyal WiFi yang digunakan di perangkat Android menjadi lebih maksimal dengan memperhatikan beberapa hal teknis. Cara memperkuat sinyal WiFi yang satu ini memang sedikit membutuhkan perhatian yang ekstra karena sedikit rumit. Namun, dengan cara ini kamu juga akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan WiFi yang sinyalnya kuat, pasti juga akan membuat jaringan internet yang diterima cepat. Setiap aktivitas yang dilakukan seperti akses informasi melalui Google, memainkan game mobile, dan menonton film atau video YouTube juga akan sangat menyenangkan karena tidak adanya gangguan kecepatan internet.

Berikut beberapa cara memperkuat sinyal WiFi tanpa aplikasi yang bisa kamu coba untuk membuat sinyal WiFi yang kamu gunakan menjadi lebih kuat dan stabil tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Tanpa Aplikasi

1. Gunakan Teknologi WiFi Terbaru

Cara yang paling pertama adalah menggunakan teknologi WiFi yang paling terbaru. Saat ini sudah ada sekitar empat jenis teknologi wireless yang bisa digunakan, diantaranya adalah A, B, G, dan N. Setiap jenis WiFi ini memiliki keunggulannya masing-masing. Oleh karena itu, pemilihan jenis Wifi juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan koneksi WiFi yang stabil dan cepat. Usahakan memilih teknologi WiFi terbaru, karena teknologi terbaru pastinya membacakan berbagai peningkatan, salah satunya adalah sinyal yang kuat dan stabil.

Baca juga  Cara Mengubah Word ke PDF Online dan dengan Aplikasi

2. Cari Posisi yang Tepat

Meskipun sinyal WiFi tidak terlihat oleh mata kepala, namun sinyal dari WiFi bisa mengalami hambatan ketika router diletakkan pada tempat yang terhalang oleh tembok. Pastikan posisi router yang digunakan diletakkan pada posisi yang tepat. Jika sinyal WiFi lemah kamu tinggal memindahkan router ke tempat yang menurut kamu bagus. Cara ini mungkin terdengar sangat sepele namun memang cukup ampuh jika dilakukan.

3. Jauhi dari Perangkat Elektronik Lain

Perangkat elektronik yang berada di dekat router bisa saja mempengaruhi kekuatan sinyal WiFi yang kamu gunakan, salah satu perangkat elektronik yang bisa membuat router terganggu adalah microwave. Untuk mengatasi hal tersebut kamu tinggal menjauhkan perangkat elektronik dari router. Sinyal WiFi yang dipancarkan oleh router terganggu karena adanya interferensi sinyal sehingga membuatnya lemah. Selain itu, untuk mengatasi hal ini juga bisa menggunakan router dual band agar dapat memindahkan frekuensinya dengan mudah.

4. Gunakan Channel yang Kosong

sumber foto: snbforums.com

Jika disekitar tempat tinggal kamu banyak yang menggunakan router WiFi, bisa jadi channel dari router yang kamu gunakan berada pada channel router yang sama dengan orang disekitarmu sehingga hal ini akan membuat sinyal WiFi yang kamu gunakan menurun. Kamu tinggal memilih channel WiFi yang kosong atau penggunanya masih sedikit agar sinyal WiFi tidak mengalami gangguan. Silahkan lakukan pengetesan terlebih dahulu pada channel yang kamu gunakan, cek berapa banyak yang terhubung melalui channel tersebut, jika kurang baik silahkan pindahkan.

5. Perbaiki Sistem Keamanan

Ketika WiFi yang kamu gunakan adalah WiFi dengan berkecepatan tinggi, namun ketika digunakan mengakses berbagai laman web atau menonton video terasa lambat. Hal ini mungkin disebabkan karena adanya orang lain yang juga menggunakan jaringan WiFi kamu secara tidak bertanggung jawab.

Baca juga  Cara Tutup Akun Instagram Permanen dan Sementara

Agar hal ini bisa diatasi, kamu harus mengganti dan menggunakan password WiFi yang rumit serta gunakan enkripsi WPA2. Dengan sistem keamanan yang kuat, WiFi yang kamu gunakan akan selalu terjaga dari orang lain tanpa sepengetahuan kamu.

6. Kontrol Bandwidth

Jika kamu menggunakan WiFi dengan banyak orang, pastinya hal ini akan membuat setiap proses akses internet menjadi lambat. Kamu bisa mengatasinya dengan mengatur penggunaan bandwidth setiap orang agar bandwith tidak mengalami kebocoran.

beberapa operator internet membatasi penggunaan kuota internet melalui prinsip FUP. Ketika sudah mencapai batas kuota wajar, maka kecepatan internet akan diturunkan secara otomatis. Dengan melakukan kontrol penggunaan bandwidth, kamu akan tetap bisa menjaga agar penggunaan kuota wajar tersebut tidak terlewati dengan cepat.

7. Menggunakan Kaleng Bekas

sumber foto: 99.co

Udara menjadi penghantar dari sinyal WiFi, agar sinyal tersebut tidak tersebar kemana-mana, kamu tinggal memanfaatkan penggunaan kaleng bekas agar tujuan sinyal tersebut bisa kamu atur. Selain dengan menggunakan kaleng bekas, kamu juga bisa menggunakan alternatif lain yakni panci atau aluminium foil. 

Benda-benda ini adalah jenis benda konduktor yang dapat meningkatkan kekuatan sinyal internet yang dipancarkan dari WiFi sehingga jaringan WiFi lebih kuat dan stabil.

8. Gunakan DD-WRT Firmware

Cara memperkuat sinyal WiFi tanpa Aplikasi berikutnya juga cukup efektif yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi DD-WRT firmware. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk hack router agar kekuatan dari pemancar sinyal WiFi yang kamu gunakan menjadi lebih tinggi. 

Info yang didapatkan dari situs Lifehacker mengatakan bahwa, cara ini memang cukup berbahaya bagi router. Namun, kamu masih tetap bisa menaikkannya hingga 70 mW. Dengan menaikkan pengaturan tersebut, maka router yang kamu gunakan akan memancarkan sinyal yang lebih jauh jangkauannya sekitar dua kali lipat.

Baca juga  Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp

9. Gunakan WiFi Repeater

Repeater adalah salah satu alat yang bisa menangkap atau menerima sinya WiFi lalu memancarkan kembali sinyal WiFi tersebut menjadi lebih kuat. Alat ini sangat cocok digunakan bagi kamu yang memiliki sinyal WiFi yang buruk. Repeater juga berguna ketika router diletakkan pada tempat yang jauh dari tempat dimana internet kamu akses. Misalnya router berada di lantai 2 rumah sedangkan kamu mengaksesnya dari lantai 1.

Meskipun kamu harus mengeluarkan budget lebih untuk membeli sebuah repeater, namun alat ini memang sangat berguna agar kualitas sinyal yang ditangkap HP Android menjadi lebih baik.

10. Reboot atau Restart Secara Berkala

Hampir sama dengan perangkat smartphone dan PC, router juga sering mengalami masalah ketika terlalu lama digunakan. Misalnya saja pada saat router menjadi sangat panas, maka kekuatan sinyal yang dipancarkannya akan terganggu. Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu bisa melakukan proses restart router dengan rutin agar kondisi routernya tetap stabil dan segar. 

Nah, itulah beberapa cara memperkuat sinyal WiFi tanpa aplikasi yang bisa membuat sinyal WiFi kamu menjadi stabil. Jadi tidak perlu lagi khawatir dengan jaringan internet yang lambat karena sinyal WiFi yang diterima lemah, karena kamu tinggal memperkuatnya lagi. 

Semua cara di atas memang terlihat sangat sederhana, namun cara tersebut cukup ampuh mengembalikan kekuatan sinyal WiFi yang kamu gunakan. Semoga dengan hadirnya postingan kami kali ini bisa menjadi referensi atau tambahan informasi untuk mengatasi WiFi yang memiliki sinyal lemah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*