8 Kelebihan dan Kekurangan WiFi yang Harus Kamu Ketahui

Saat ini kebutuhan pokok yang harus terpenuhi bagi setiap orang bukan hanya kebutuhan akan sandang, pangan dan papan. Namun, selain dari ketiga kebutuhan pokok tersebut sudah ada kebutuhan lain yang juga tidak kalah pentingnya yakni kebutuhan akan akses internet.

Akses internet hampir dibutuhkan oleh setiap orang yang memiliki gadget. Mungkin jika dihitung, saat ini hanya sebagian kecil orang yang tidak memiliki smartphone yang pastinya membutuhkan akses internet untuk bisa digunakan berbagai keperluan seperti browsing, membuka media sosial, atau keperluan lainnya. 

Penggunaan internet saat ini sudah tidak terbatas, hampir setiap lapisan kehidupan semua ditopang dengan penggunaan internet. Oleh karena itu, tidak bisa dipungkiri jika internet memiliki perang yang begitu penting dan memberikan dampak yang sangat besar bagi setiap orang.

Akses internet bisa didapatkan melalui jaringan data seluler yang disediakan oleh provider komunikasi. Namun, karena penggunaan data seluler cukup cepat habis ketika digunakan dan jaringan yang tidak begitu stabil maka sebagian besar orang saat ini sudah beralih menggunakan jaringan WiFi. 

Sebelum membahas lebih jauh mengenai WiFi. Ada baiknya jika kami menginformasikan terlebih dahulu apa itu WiFi dan bagaimana cara kerjanya? WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity yang merupakan pengembangan dari jaringan WLAN atau Wireless LAN atau biasa juga disebut sebagai jaringan komputer tanpa kabel.

Selain dalam artian tersebut, WiFi juga bisa diartikan sebagai suatu teknologi jaringan area lokal nirkabel dengan perangkat sesuai standar IEEE 802.11. WiFi menggunakan teknologi  radio pada WLAN, penyebaran gelombang yang dipancarkan oleh WiFi nantinya akan tersebar secara spectrum langsung dan bisa juga melalui Direct Sequence Spread Spectrum Radio Technology. Selain menggunakan teknologi radio, WiFi juga menggunakan Orthogonal Frequency Division Multiplexing Radio Technology.

Baca juga  Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Facebook dan No Hp Hilang

Kehadiran jaringan WiFi memiliki berbagai macam manfaat seperti perangkat teknologi lainnya, jaringan ini bisa menghubungkan berbagai macam perangkat kedalam suatu jaringan tanpa membutuhkan kabel untuk menghubungkannya.

Cara kerja WiFi juga sangat simpel dan praktis, adapter ataupun alat WLAN yang sudah diatur sedemikian rupa menjadi WiFi penerima data dari komputer berupa data dalam bentuk digital. Lalu setelah itu data diubah lagi menjadi gelombang radio yang kemudian dikirim menuju router. Pengiriman gelombang dilakukan melalui antena yang berada pada adaptor. Sinyal yang ada di router tersebut akan mengirim data yang sudah diolah dari internet menuju komputer yang sudah dihubungkan dengan WiFi Adaptor.

Dari penjelasan singkat mengenai WiFi tersebut, berikut kami juga akan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan wifi. Informasi ini mungkin belum sepenuhnya diketahui, oleh karena itu ada baiknya jika kami bagikan.

Kelebihan WiFi

1. Instalasi mudah dan praktis

Bagi yang berminat menggunakan jaringan WiFi untuk mendapatkan akses internet, proses instalasi yang dibutuhkan sangat mudah dan praktis. Tidak perlu lagi disediakan alat dan bahan seperti yang dibutuhkan saat menggunakan instalasi jaringan menggunakan kabel. 

Ketika menggunakan jaringan LAN pastinya akan dibutuhkan banyak kabel UTP sebagai media untuk mentransfer data. Selain itu, kabel yang digunakan pastinya juga akan sangat panjang dan akan sulit untuk dirapikan dan ditata. Berbeda dengan jaringan yang menggunakan kabel, jaringan WiFi hanya membutuhkan perangkat hardware seperti Access Point ataupun MiFi (Mobile WiFi).

2. Bisa digunakan dimanapun tanpa ada batasan tempat

Saat menggunakan jaringan internet yang menggunakan kabel, kebebasan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang lebih nyaman untuk akses internet terbatas. Ini dikarenakan penggunaan kabel yang tidak bisa dipindah karena mengharuskan sebuah host terpaku pada satu titik saja. Berbeda halnya ketika menggunakan WiFi, karena kamu punya kebebasan lebih untuk tetap mendapatkan akses internet, bahkan WiFi ini biasanya akan dengan mudah kamu temui di tempat keramaian seperti cafe, tempat refreshing, hotel, dan lain-lain.

Baca juga  5 Rekomendasi Penguat Sinyal WiFi Terbaik

3. Jangkauan yang luas

Meski jangkauan jaringannya lebih luas, jaringan WiFi juga memiliki batasan selama masih tersambung dengan jaringan hostpotnya, kamu tetap bisa mengakses internet.

4. Kompatibel hampir dengan berbagai jenis perangkat

Perangkat yang bisa tersambung dengan jaringan WiFi bisa berbagai macam perangkat, kamu bisa menggunakan smartphone, laptop, tablet, dan perangkat lain yang membutuhkan jaringan WiFi. Jaringan ini sangat kompatibel dengan berbagai macam perangkat yang sudah terdapat wireless network adapter di dalam setiap unitnya.

5. Mudah Terhubung

Berbeda dengan jaringan kabel LAN yang cukup ribet, karena setiap ingin menggunakannya harus mencolok konektor ke port laptop atau PC yang kamu gunakan dan di setting secara manual. Dengan menggunakan jaringan WiFi kamu hanya perlu menghubungkan dengan jaringannya dan memasukkan password WiFi, setelah itu kamu sudah bisa menggunakan akses internet.

Kekurangan WiFi

1. Keamanan yang kurang

Jaringan WiFi yang sifatnya public bisa diakses oleh siapapun, dan yang sangat berbahaya ketika orang yang menggunakannya memiliki kepentingan negatif. Beda halnya dengan jaringan kabel LAN yang jaringannya terlindungi karena jika ingin terhubung harus menggunakan kabel khusus. Meskipun jaringan WiFi mendapatkan perlindungan dengan hadirnya password, tetapi hal ini tetap membuka kemungkinan bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk meretas passwordnya.

2. Kelemahan mentransfer data yang besar

Kekurangan lain yang dimiliki jaringan WiFi adalah tidak cocok jika kamu ingin melakukan proses transfer data yang ukurannya sangat besar. Beda halnya dengan jaringan yang menggunakan kabel bisa mendukung proses transfer data berukuran besar dengan kecepatan yang besar pula.

3. Kekuatan sinyal tergantung dengan kondisi cuaca

kelebihan dan kekurangan wifi selanjutnya adalah jaringan WiFi juga sangat tergantung dengan kondisi cuaca. Jaringan WiFi menggunakan udara sebagai penghantar, oleh karena itu ketika cuaca sedang buruk misal hujan deras ataupun angin kencang, maka akan menghambat proses transmisi data pada suatu jaringan WiFi. Hal inilah yang kemudian membuat jaringan WiFi menjadi tidak stabil.

Baca juga  Hello world!

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai apa sebenarnya WiFi dan cara kerjanya. selain itu, kami juga sudah menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan WiFi yang mungkin sebagian besar belum diketahui. 

Saat ini kamu bisa memilih berbagai macam paket WiFi rumah yang disediakan berbagai macam provider. Provider seperti, IndiHome, XL Home Fiber, MyRepublic, GIG by Indosat Ooredoo adalah provider terbaik yang ada saat ini.

Kecepatan akses yang disediakannya juga berbeda-beda tergantung dengan paket apa yang ingin kamu pilih untuk digunakan. Kecepatan akses yang disediakan mulai dari 10 Mbps hingga yang paling tercepat adalah 1 Gbps. Tentunya dengan pilihan kecepatan akses yang cepat kamu akan sangat puas menggunakannya untuk berbagai keperluan yang memang membutuhkan akses internet yang stabil. 

Harga yang ditawarkan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Sesuaikan juga dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki agar tidak boros dalam pengeluaran bulanan. Terimakasih sudah menyimak postingan kelebihan dan kekurangan wifi dari kami kali ini, semoga bisa membantu untuk mengetahui lebih jauh mengenai jaringan WiFi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*